.

Tirtayatra ke Pura Goa Giri Putri


30 menit dari Sanur mengunakan transportasi Boat cepat dari CASPLA BALI dan kita akan bersandar di Pelabuhan Buyuk Nusa Penida. kemudian kita Berjalan kurang lebih 20 menit ke arah timur, baik dengan sepeda motor maupun mobil pick up yang kami sediakan, kita aka mengunjungi salah satu pura terunik di kawasan Nusa Penida kenapa bisa di bilang unik ?? Ini sedikit Ulasanya
    Pura Goa Giri Putri. Berdiri di atas bukit di kawasan Desa Karang Sari, terbentuk ratusan anak tangga dari indahnya polesan semen sebelum masuk ke utamaning pura, dari sana kita sudah bias merasakan kesejukanya, sambil mencuri-curi pandangan mata kea rah pantai, perjalanan pun terasa lebih berkesan.Sesampai diatas dum..s apa yang terjadi,,,hanya tempat kecil dengan beberapa pelingih dan tempat seperti bale wantilan mini, tetapi apa yang kita lihat belum 100% selesai, ada suatu keunikan yang belum ada dimanapun itu.
    Meliha ke arah utara ada lobang yang kalau tidak salah Diameter mulut gua tidak lebih dari 70 cm dan berlekak-lekuk penuh tonjolan batu. Arahnya hampir vertikal sehingga kita harus turun ke dalam lubang itu seperti masuk ke dalam sumuran. Setelah kedua kaki kita menjejak dasar sumuran “tanah lho, bukan air”, kita harus berjongkok untuk bisa berjalan ke arah horisontal ke depan kurang lebih 3 meter. Ketinggian gua hanya cukup untuk separuh ketinggian kita,
    Semakin dalam kita memasuki gua, semakin lebar ruangan gua. Meski tidak cukup terang, di beberapa tempat di dinding gua telah dipasang lampu-lampu listrik. Meskipun di luar matahari bersinar seterik-teriknya di tengah hari, tetapi di dalam, tanpa pertolongan lampu senter, kita tidak akan dapat melihat di mana kaki kita berpijak. Perjalanan dengan kaki telanjang harus dilakukan secara hati-hati, karena permukaan jalan di dalam gua agak lembab dan licin dan nuansa perpaduan irama kelelawar membalut. Permukaan ini dibentuk oleh tumpukan kotoran kelelawar dan beberapa jenis burung yang juga menghuni gua selama ribuan tahun. Beberapa cerukan kecil dan dalam yang dapat mengakibatkan terkilirnya pergelangan kaki, patut diwaspadai. Apabila tidak tersedia lampu senter tetapi dari pihak desa akan ada yang memandu perjalanan anda Tenang saja, asal ingat mintak” tolok atehin tiang ke tengah pak/ jero pang tiang nawang”,
    Semakin jauh kita melangkah masuk ke dalam gua, ruangannya menjadi semakin lebar dan tinggi. Sebagai gambaran, gua ini mungkin dapat menampung seribu orang sekaligus di dalamnya. “Mirip stadium sepak bola” Sebelum menuju Pelinggih Utama, agak dekat dari mulut gua kita akan menjumpai sebuah pelinggih di tengah ruangan, seperti aling aling yang lazim terdapat pada gerbang utama.Dari pelinggih inilah prosesi di dalam gua Giri Putri dimulai. Selesai melakukan penghayatan pemedek melanjutkan ke Pelinggih Utama yang berlokasi di perut gua, yaitu pertengahan antara kedua ujung awal dan akhir gua. Pada ujung paling akhir gua Giri Putri yang panjangnya kira-kira 300 meter ini terdapat pula pelinggih pada sisi dinding sebelah kanan dari arah kita masuk.
    Di sana juga terdapat sumber air suci untuk tirta Pengelukatan. Bagian atas ini dapat kita capai melalui sebuah tangga besi yang sempit dan super licin (Hati-Hati Kepleset), yang disandarkan pada dinding gua di bawahnya. Karena luas lantainya tidak begitu besar, kapasitasnyapun terbatas. Biasanya cukup diwakili oleh para pemimpin upakara atau pemangku, sedangkan pemedek yang lainnya cukup menghaturkan sembah dari bawah yaitu lantai gua utama saja. Di bagian bawah di mana para pemedek menghaturkan sembah juga terdapat satu pelinggih dan tempat untuk melakukan pengelukatan.
Acara persembahyangan dapat dilangsungkan sesuai dengan jenis acara yang hendak dilaksanakan. Ada semacam kesegaran dan kesan pencerahan luar biasa setelah kita keluar dari gua Giri Putri. Kesan ini merupakan tambahan semangat spiritual untuk melanjutkan perjalanan bakti berikutnya.
    Semoga tulisan kecil ini menjadi refrensi atau pedoman bagi anada yang belum pernah menginjakan kaki di Nusa Penida khususnya di Pura Goa Giri Putri, dan bagi masyarakat yang berada di kawasan nusa penida yang lebih tau tentang pura Goa Giri Puri mohon bimbinganya.

Info lebih Lanjut Bisa mengubungi :
(0361) 36 999 99 | (0366) 53 99999 | (0361) 79 12299
info@baliseaview.com | director@baliseaview.com

Leave a Reply